Indonesia Masters 2019 Usai, Tuan Rumah Hanya Mampu Raih 1 Medali

Senin , 28 Januari 2019 | 10:49 | view: 318
Indonesia Masters 2019 Usai, Tuan Rumah Hanya Mampu Raih 1 Medali
Kevin/Marcus Juara Indonesia Masters 2019 (foto/net)

SEVENSPORTAINMENT.COM - Gelaran turnamen bulutangkis Indonesia Masters 2019 telah resmi usai. Indonesia yang bertindak sebagai tuan rumah, hanya mampu menggondol satu medali dari nomor ganda putera.

Pasangan ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/ Kevin Sanjaya Sukamuljo menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang meraih medali di partai final yang digelar, Minggu (27/1/2019). The Minions berhasil mempertahankan gelar itu, meski di partai final harus bertarung dengan seniornya Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di final.

Sedangkan di ganda putri, duo gadis Jepang, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi juga masih terlalu tangguh bagi lawan-lawannya. Mereka berhasil mempertahankan gelar juara setelah mengalahkan duo Korea, Kim So Yeung/Kong Hee Yong di final.

Singgasana juara Indonesia Masters di sektor ganda campuran juga masih diduduki wakil China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong. Juara dunia 2018 ini berhasil mempertahankan gelar juara meski di final harus berhadapan dengan juara Olimpiade Rio 2016, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Dua gelar juara yang raib alias berpindah tangan terjadi di kedua sektor tunggal. Di kategori tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting gagal mempertahankan gelarnya karena dikalahkan juara dunia 2018, Kento Momota di perempatfinal.

Gelar juara tunggal putra Indonesia Masters 2019, akhirnya jatuh ke tangan pemain Denmark, Anders Antonsen. Dia merebut gelar juara usai taklukkan Momota di final.

Sementara juara tunggal putri direbut si pengantin baru, Saina Nehwal. Gelar juara di kategori ini pada tahun lalu didapatkan pemegang ranking 1 dunia, Tai Tzu Ying. Putri asal Taiwan itu tak bisa mempertahankan gelar juara karena tak turun tanding di Istora.

Pada partai final, Minggu (27/1/2019), Indonesia sebenarnya menempatkan tiga wakilnya. Marcus/Kevin berhak atas gelar juara setelah mengalahkan seniornya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, lewat straight game. Adapun satu wakil Indonesia lainnya adalah Tontowi Ahmad/ Liliyana Natsir pada nomor ganda campuran.

Liliyana Natsir gagal menutup kariernya dengan gelar juara setelah kalah dari wakil China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong. Kejutan datang dari nomor tunggal putra.

Wakil Denmark, Anders Antonsen, di luar dugaan mampu mengalahkan unggulan pertama dunia asal Jepang, Kento Momota. Antonsen mencetak sejarah dengan menjadi pemain Eropa pertama yang meraih gelar juara Indonesia Masters.

Berikut adalah hasil lengkap final Indonesia Masters 2019:

Tunggal Putra
Anders Antonsen (Denmark)

Tunggal Putri
Saina Nehwal (India)

Ganda Putri
Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (Jepang)

Ganda Putra
Marcus Gideon/Kevin Sanjaya (Indonesia)

Ganda Campuran
Zheng Siwei/Huang Yaqiong (China)

KOMENTAR