Beberapa Fakta Unik Jelang Laga Perdana Piala AFF 2018, Singapura Vs Indonesia

Jumat , 09 November 2018 | 10:57 | view: 158
Beberapa Fakta Unik Jelang Laga Perdana Piala AFF 2018, Singapura Vs Indonesia
Suporter timnas Indonesia (foto/net)

SEVENSPORTAINMENT.COM - Timnas Indonesia akan membuka perjalanan mereka di Piala AFF 2018 dengan menghadapi Singapura, di Stadion Nasional Singapura, Jumat (9/11/2018) malam. Laga yang tak mudah, mengingat ini merupakan laga pertama dan berstatus tandang untuk Indonesia.

Untuk PIala AFF edisi kali ini, Indonesia mungkin lebih dijagokan atas Singapura. Hal itu tak lepas dari penampilan kurang impresif dari The Lions dalam dua edisi terakhir Piala AFF, sementara Indonesia kini disebut sebagai tim yang tengah lapar prestasi.

Walau begitu, Singapura punya catatan prestasi yang bagus di Piala AFF dengan empat kali mampu meraih gelar juara. Sementara dari rekor pertemuan, Indonesia rupanya tak dominan atas Singapura, meski ada tren yang berbeda dari dua pertemuan terakhir.

Dari dua pertemuan terakhir, Indonesia mampu mengungguli Singapura, yakni pada 2012 di fase grup dan juga 2016 di fase yang sama. Walau dari keseluruhan head-to-head kedua tim, Indonesia kalah empat, dan imbang dua, kemasukan 18 dan memasukkan delapan.

Dua kemenangan terakhir yang didapat Indonesia atas Singapura tak lepas dari andil winger mungil Andik Vermansah. Pemain yang pernah membela Selangor FA itu mencetak gol dalam dua kemenangan Indonesia atas Singapura, lewat tendangan bebas dan voli. Beruntung karena Andik kembali masuk skuat untuk 2018.

Kemenangan Indonesia atas Singapura juga selalu dilewati dengan laga yang mendebarkan, alias dramatis. Dua gol pengunci kemenangan Merah-Putih terjadi pada menit ke-88 saat Piala AFF 2012, di Malaysia, dan menit ke-85 pada dua tahun lalu di Manila, yang membuat Indonesia lolos dari lubang jarum.

Bagaimana pun kondisi Singapura saat ini, mereka tetap berstatus momok untuk Indonesia. Kembali ke edisi Piala AFF 2004, tiga kali bertemu dengan Singapura, Indonesia selalu harus menyelesaikannya dengan hasil mengecewakan. Indonesia imbang tanpa gol di fase grup, lalu dua kali kalah di final.

Fakta yang terakhir, Singapura tidak pernah kalah dari Indonesia ketika berstatus sebagai tuan rumah. Pada Piala AFF 2004 mereka mengempaskan Indonesia dengan skor 2-1, di leg kedua final, berkat gol Indra Sahdan dan eks Persija Jakarta, Agu Casmir. Sementara pada edisi 2007, Indonesia bermain 2-2 di Stadion Nasional Singapura.

KOMENTAR