Kalah di Laga Perdana Kontra Singapura, Timnas Indonesia Banjir Sindiran

Jumat , 09 November 2018 | 23:54 | view: 178
Kalah di Laga Perdana Kontra Singapura, Timnas Indonesia Banjir Sindiran
Spanduk sindiran dari suporter Indonesia di National Stadium, Singapura (foto/foxsport)

SEVENSPORTAINMENT.COM - Timnas Indonesia menuai hasil mengecewakan di laga perdana Piala AFF 2018, bertandang ke National Stadium, markas Singapura, Jumat (9/11/2018), skuat asuhan Bima Sakti harus pulang dengan tangan hampa lantaran kalah dengan skor 1-0.

Singapura bermain dominan di sepanjang pertandingan, gebrakan tim asuhan Fandi Ahmad sejak awal laga terbukti membuat Evan Dimas cs mati kutu. Pada paruh pertama Timnas Indonesia dintimidasi habis-habisan oleh kubu tuan rumah.

Catatan statistik versi situs resmi Piala AFF 2018 menunjukkan kalau permainan Singapura lebih efektif dibanding Tim Garuda.

Walau mereka kalah penguasaan bola, 37,8 persen berbanding 62,2 persen, permainan ofensif Singapura lebih efektif dan kerap membahayakan pertahanan Timnas Indonesia.

Sepanjang pertandingan Singapura melayangkan empat kali tembakan tepat sasaran. Sementara itu, Timnas Indonesia hanya satu kali saja.

Dari keempat shoot on goal itu, salah satunya mampu bersarang ke gawang Andritani Ardiansyah pada menit ke-37, gol tersebut dicetak oleh striker yang kini berlaga di Liga Malaysia, Harris Harun.

Atas kekalahan tersebut, sontak masyarakat Indonesia bereaksi keras. Sindiran kemudian mengalir bagi skuat asuhan Bima Sakti, karena menuai hasil mengecewakan di laga perdana Piala AFF 2018.

Bahkan, sindiran pun telah ada ketika timnas Indonesia masih menjalani laga di National Stadium. Sebuah spanduk sindiran terbentang di tribun stadion.

Dikutip dari Fox Sports Asia, suporter Timnas Indonesia asal Malang membentangkan spanduk sindiran terhadap prestasi tim senior yang kalah dari dua tim junior Indonesia, U-16 dan U-19.

Timnas Indonesia U-16 dan U-19 sama-sama sukses melangkah ke perempat final Piala Asia. Kedua tim tersebut hanya berjarak satu kemenangan untuk bermain di Piala Dunia.

"Tidak malukah kalian dengan prestasi juniormu," tulis spanduk yang dibuat suporter asal Malang tersebut.

Tak hanya di dalam stadion, sindiran juga hadir di ranah media sosial. Suporter timnas Indonesia yang marah akibat permainan mengecewakan skuat Garuda menumpahkan unek-uneknya di jagat dunia maya.

Bermacam komentar pedas meluncur deras bagi tim Merah Putih. Nadanya beragam, ada yang menyalahkan pergantian pelatih, dari yang sebelumnya ditangani oleh Luis Milla dan kini berpindah tangan ke Bima Sakti.

Ada pula yang mengomentari strategi kurang tepat yang diterapkan jajaran pelatih Timnas Indonesia. Bahkan ada juga yang keras berkomentar, semua kegagalan timnas sepak bola Indonesia saat ini, lantaran ketidak becusan PSSI sebagai induk sepak bola Nasional.

Para suporter yang satu suara dengan itu kemudian menuntut Ketua Umum PSSI, Edi Rahmayadi untuk segera mundur dari jabatannya.

KOMENTAR