Lopetegui Dipecat, Loew Yakin Kualitas Spanyol Masih Sama

Kamis , 14 Juni 2018 | 04:55 | view: 114
Lopetegui Dipecat, Loew Yakin Kualitas Spanyol Masih Sama
Pelatih Jerman, Joachim Loew

SEVENSPORTAINMENT - Pelatih Jerman Joachim Loew kaget betul mendengar pemecatan Julen Lopetegui oleh timnas Spanyol. Tapi, Loew yakin perginya Lopetegui tak akan memengaruhi kualitas Spanyol.

Cuma sehari menjelang dimulainya Piala Dunia 2018, Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) mengumumkan sebuah keputusan menghebohkan dengan mendepak Lopetegui dari kursi pelatih timnas Spanyol. Pemecatan itu terjadi setelah sehari sebelumnya Lopetegui diumumkan bakal jadi pelatih baru Real Madrid mulai musim depan.

RFEF telah menunjuk Fernando Hierrosebagai pengganti Lopetegui di timnas Spanyol. Hierro langsung dihadapkan pada tugas berat karena Spanyol akan bertemu Portugal di laga perdananya di Piala Dunia 2018, Sabtu (16/6/2018) dinihari WIB.

"Saya juga terkejut dan itu datang sangat tiba-tiba. Saya tak tahu latar belakang dari keputusan Federasi Spanyol. Secara halus, itu sangat tak biasa, jika bukan sebuah kejutan total," ujar Loew di FourFourTwo.

"Itu akan menghadirkan kesulitan dan sedikit kekacauan. Fernando Hierro punya pengalaman melatih dan saya pikir dia sempat menjadi asisten pelatih untuk Real Madrid. Dia kemudian ke Valencia dan menjadi kepala urusan olahraga, tapi saya tak bisa menilai kualitasnya sebagai pelatih," imbuhnya.

Meski Spanyol mendadak berganti pelatih, Loew yakin kualitas tim tersebut tak akan terpengaruh karena materi pemainnya masih sama.

"Spanyol sudah bersama-sama selama bertahun-tahun. Mereka punya filosofi yang jelas. Pada akhirnya, dengan Lopetegui atau tanpa Lopetegui, Spanyol tak akan sedikit pun kehilangan kelas atau kualitas mereka," kata Loew.

(Hendrik)
Sumber: Kompas.com

KOMENTAR