‘Dibantu VAR‘ Prancis Menang Tipis Atas Australia

Minggu , 17 Juni 2018 | 00:02 | view: 302
‘Dibantu VAR‘ Prancis Menang Tipis Atas Australia
Wasit Andres Cunha saat meneliti Video Assistant Referee di pertandingan Prancis vs Australia, Sabtu (16/6/2018)

SEVENSPORTAINMENT.COM - Timnas Prancis berhasil meraih poin penuh pada laga perdana grup C Piala Dunia Rusia 2018. Anak asuh Didier Deshamps itu menang dengan skor tipis 2-1 atas Australia pada laga yang digelar di Kazan Stadium, Sabtu 16/6/2018).

Pada pertandingan tersebut, baik Prancis maupun Australia memeragakan permainan menyerang sejak laga dimulai. Sepuluh menit pertama, Les Bleus mengurung pertahanan The Socceroos, namun hingga wasit meniup peluit tanda selesainya babak pertama, belum ada satu golpun yang tercipta.

Gol baru muncul pada menit ke-57 babak kedua, setelah Antoine Griezmann sukses mengeksekusi penalti akibat pelanggaran bek Australia, Joshua Risdon, atas Griezmann sendiri.

Sempat menjadi perdebatan antara beberapa pemain Australia dengan wasit Andres Cunha. Juru pengadil akhirnya memanfaatkan teknologi Video Assistant Referee (VAR), dan wasit asal Uruguay itu menunjuk titik putih.

Namun keunggulan Prancis tak berlangsung lama, empat menit kemudian, giliran Australia yang mendapat hadiah penalti. Mile Jedinak yang menjadi algojo penalti sukses menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Les Bleus akhirnya sukses meraih 3 poin perdanya, setelah pada menit ke-80 Paul Pogba mengunci kemenangan Prancis lewat gol akrobatiknya.

Gelandang Manchester United itu meneruskan umpan Olivier Giroud dengan cungkilan. Bola sepakannya membentur mistar gawang dan memantul ke tanah.

Kembali, berkat tekhnologi Video Assistant Referee (VAR), wasit langsung menetapkan bola itu sudah gol karena jatuh di dalam garis gawang, meski kemudian kembali memantul ke luar. (Rijal)

KOMENTAR