Rekor Pertemuan Piala AFF: Singapura Ungguli Timnas Indonesia

Jumat , 09 November 2018 | 14:32 | view: 74
Rekor Pertemuan Piala AFF: Singapura Ungguli Timnas Indonesia
Suasana latihan timnas Indonesia jelang Piala AFF 2018 (foto/net)

SEVENSPORTAINMENT.COM - Timnas Indonesia akan menghadapi Singapura dalam pertandingan pertama di Grup B Piala AFF 2018 pada Jumat (9/11/2018). Dalam delapan pertemuan di antara kedua tim sepanjang perhelatan Piala AFF sejak 1996, Singapura unggul.

Dikutip dari Sky Sports, dalam 11 edisi Piala AFF, sejak bernama Piala Tiger hingga kini disponsori oleh Suzuki, Timnas Indonesia tercatat delapan kali menghadapi Singapura. Pertemuan pertama kedua tim terjadi di semifinal Piala AFF 1998 di Ho Chi Minh City, Vietnam. Singapura meraih kemenangan 2-1 atas Indonesia dalam laga semifinal yang masih digelar dengan format single match itu.

Dalam delapan pertemuan kedua tim di Piala AFF, Singapura memang mencatatkan empat kemenangan. Sementara itu, Timnas Indonesia baru mencatatkan dua hasil positif ketika menghadapi Singapura, di mana itu terjadi dalam dua pertemuan terakhir yang terjadi pada 2012 dan 2016.

Sebanyak 20 gol sudah tercipta dalam pertemuan kedua tim di Piala AFF. Singapura tercatat sudah mencetak 12 gol, sementara Timnas Indonesia hanya mencetak delapan gol.

Rivalitas Indonesia dengan Singapura di Piala AFF mungkin tidak semenarik ketika Timnas Indonesia bertemu dengan Malaysia. Namun, tak bisa dipungkiri, Singapura memiliki kekuatan yang lebih baik pada masa lalu, sebelum akhirnya Timnas Indonesia mampu memberikan kejutan dalam dua laga terakhir mereka.

Setelah Singapura menang 2-1 di semifinal Piala Tiger 2008, yang merupakan edisi kedua Piala AFF, Indonesia dan Singapura bertemu dalam tiga laga di Piala AFF 2004. Dalam tiga pertemuan tersebut, Singapura lebih mendominasi.

Singapura dan Indonesia bermain imbang tanpa gol di Grup A Piala AFF 2004, yang lagi-lagi digelar di Ho Chi Minh, Vietnam. Kedua tim tersebut bertemu lagi dalam dua leg pertandingan final, di mana Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, dan Stadion Nasional, Kallang, menjadi venue.

Lebih dulu menjamu Singapura di SUGBK, Timnas Indonesia justru tertinggal 0-3 dalam waktu 70 menit pertandingan. Mahyadi Panggabean berhasil memperkecil ketertinggalan pada menit ke-90 untuk membuat Timnas Indonesia berangkat ke Singapura hanya dengan defisit dua gol.

Namun, tim asuhan Peter Withe itu tak bisa banyak bicara di leg kedua. Lagi-lagi Timnas Indonesia harus tertinggal 2-0 di babak pertama. Gol yang dicetak Elie Aiboy di babak kedua pun tak banyak mengubah keadaan.

Timnas Indonesia kalah 1-2 dalam laga tersebut dan secara agregat kalah 2-5. Singapura pun sukses menggugurkan asa Indonesia menjadi juara Piala AFF untuk pertama kalinya dan justru membuat Tim Garuda meraih predikat runner-up untuk ketiga kalinya secara berturut-turut.

 
(Hendrik)

KOMENTAR