Final Piala Dunia 2018: Lahir Juara Lagi atau Juara Baru ?

Kamis , 12 Juli 2018 | 15:11 | view: 180
Final Piala Dunia 2018: Lahir Juara Lagi atau Juara Baru ?
Trofi Piala Dunia

SEVENSPORTAINMENT - Dari 20 kali Piala Dunia dihelat, baru delapan negara yang pernah memenanginya. Tahun ini akankah daftar tersebut bertambah ?

Hari Minggu (15/7) mendatang, dunia akan menyaksikan siapa di antara Prancis dan Kroasia yang pantas diberi label tim nasional terbaik sejagat raya. Laga di Moskow akan memainkan duel pamungkas turnamen olahraga paling bergengsi itu.

Bagi Prancis, ini bukan final pertamanya melainkan yang ketiga. Yang pertama mereka lakoni di tahun 1998 kala menghajat Piala Dunia. Di sana mereka berhasil menaklukkan juara bertahan Brasil dengan skor 3-0.

Delapan tahun kemudian di Jerman, mereka kembali lolos sampai ke final. Hanya saja kali itu mereka takluk lewat adu penalti oleh Italia. Duel itu ditandai dengan insiden kartu merah pada Zinedine Zidane yang menanduk dada Marco Materazzi.

Kroasia akan menjadi sejarah baru buat bekas negara pecahan Yugoslavia itu. Tampil perdana di Piala Dunia 1998, mereka selalu lolos ke putaran final kecuali di Afrika Selatan (2010).

Sensasi Kroasia di Piala Dunia adalah di tahun 1998 ketika mereka finis di peringkat ketiga. Namun, kecuali itu, mereka selalu terhenti di fase grup - sebelum tampil perkasa di Rusia saat ini, dengan memenangi semua pertandingannya menuju final.

Hingga kini baru Brasil (5 kali), Jerman (4), Italia (4), Argentina (2), Uruguay (2), Inggris (1), Prancis (1), dan Inggris (1) yang pernah mengangkat trofi Piala Dunia.

Apakah Kroasia menjadi negara kesembilan, atau Prancis menggandakan koleksinya menjadi dua ?. Menarik untuk disaksikan nanti. (Hendrik)

KOMENTAR