Hanya Mampu Imbang dari Bilbao, Puasa Kemenangan Barca Kembali Berlanjut

Sabtu , 29 September 2018 | 23:58 | view: 200
Hanya Mampu Imbang dari Bilbao, Puasa Kemenangan Barca Kembali Berlanjut
Barcelona Vs Atletico Bilbao (foto/net)

SEVENSPORTAINMENT.COM - Barcelona kembali menuai hasil negatif di tiga laga terakhirnya. Terbaru, mereka bermain imbang 1-1 dengan Athletic Bibao di Camp Nou, Sabtu (29/9/2018) malam WIB. Satu gol Oscar de Marcos untuk Bilbao di akhir babak pertama dibalas dengan gol Munir El Haddadi kurun 10 menit akhir babak kedua.

Pada laga tersebut, pelatih Barca, Ernesto Valverde tak menurunkan Samuel Umtiti, Sergio Busquets dan Lionel Messi sebagai starter. Gantinya, Clement Lenglet mengisi pos Umtiti, Sergi Roberto mengisi pos Busquets, Arturo Vidal mengisi pos gelandang tengah dan Philippe Coutinho mengisi pos yang biasa dihuni Messi dalam formasi 4-3-3.

Hilangnya beberapa pilar berdampak besar terhadap permainan La Blaugrana. Selama babak pertama, sebanyak empat tembakan yang dilancarkan Luis Suarez dan kolega yang tepat sasaran. Dari empat tembakan itu, tak satu pun berujung gol.

Kondisi ini juga diperparah dengan betapa disiplinnya Bilbao ketika diserang. Ketika diserang, skuat besutan Eduardo Berizzo itu akan mengubah formasi dari 4-2-3-1 menjadi 4-5-1 dengan jarak antarlini yang begitu rapat. Jika skenario ini tak berjalan baik, masih ada kiper Unai Simon yang siap beraksi.

Sebaliknya, Barcelona bermasalah ketika diserang. Roberto tak sebaik Busquets dalam urusan aksi defensif sebagai gelandang bertahan, sehingga Bilbao bisa melancarkan 4 tembakan selama babak pertama. Salah satunya berujung gol pada menit ke-41.

Prosesnya bermula dari duel Ousmane Dembele dan Raul Garcia di sepertiga akhir Barcelona. Duel tersebut membikin bola terbang ke Markel Susaeta. Dari pinggir kiri lapangan, Susaeta kemudian melancarkan umpan lambung yang membikin Oscar de Marcos bisa menciptakan gol dengan kondisi satu lawan satu dengan kiper Marc-Andre ter Stegen.

Setelah tertinggal 0-1 pada babak pertama, Valverde menggantikan Vidal dengan Messi dan Roberto dengan Busquets. Namun, keputusan untuk mengganti Dembele dengan Munir El Haddadi pada menit ke-80 yang menjadi game changer Barcelona pada laga ini. Karena empat menit kemudian, Munir sukses bikin gol yang bikin laga ini berakhir imbang 1-1.

(Rijal)

KOMENTAR