Yuli Suratno Sebut Futsal NTT Mulai Terbang Tinggi

Sabtu , 25 Agustus 2018 | 22:04 | view: 502
Yuli Suratno Sebut Futsal NTT Mulai Terbang Tinggi
Samuel menyerahkan cinderamata kepada Instruktur ditemani Ketua AFP NTT

SEVENSPORTAINMENT - Instruktur Perwasitan Federasi Futsal Indonesia (FFI), Yuli Suratno menyakini futsal NTT semakin berkembang pesat setiap tahunnya.

Hal ini disampaikan Yuli Suratno saat memberikan kesan dan pesannya saat acara penutupan kegiatan kursus wasit futsal level III Nasional, Sabtu (25/8/2018) siang di Hotel Sasando, Kupang. Menurutnya, perkembangan futsal NTT dilihat dari kesigapan pengurus AFP yang memberikan perhatian pada sumber daya pelatih, wasit dan pemainnya.

"Iya, saya lihat potensi futsal di NTT semakin berkembang pesat tiap tahunnya. Ketika beberapa tahun lalu saat pertama datang di Kupang belum berkembang seperti sekarang. Apalagi sekarang sudah banyak pelatih dan wasit yang berlisensi level nasional. Itu modal yang cukup bagus untuk perkembangan futsal kedepan," ujarnya.

Wasit, kata Yuli, memegang peranan yang sangat penting dalam perkembangan futsal. Pasalnya, peranan wasit ibarat dua sisi mata uang yakni bisa mensukseskan pertandingan dan sebaliknya bisa merusak pertandingan kalau tidak memimpin dengan profesional.

"Jadi, pesan saya buat 27 wasit lisensi level III Nasional yang akan turun ke daerah masing-masing agar jangan berhenti belajar dan belajar. Tingkatkan terus kemampuannya. Kalau dapat ada dari kalian yang bisa memimpin di liga pro nanti. Harus punya mimpi itu, intinya adalah baca buku pedoman dan terus belajar. Jangan kalah sama wasit di provinsi lain dil (Jawa) sana.

Sementara itu, perwakilan wasit, Samuel Klaas saat menyampaikan pesan dan kesannya selama pelaksanaan kegiaan tersebut mengatakan, pihaknya sangat bersyukur bisa dibekali dengan ilmu perwasitan.

"Kami sudah dapat ilmunya dan pasti kami akan bawa pulang ke daerah dan laksanakan sesuai aturan yang sebenarnya. Jujur, banyak hal yang baru kami tau setelah lewati pelatihan ini. Untuk itu, atas nama teman-teman wasit (27), kami mau bilang bahwa apa yang sudah kami terima dari Pak Jimmi selaku Ketua AFP NTT dan Pak Yuli selaku instruktur merupakan sebuah berkat yang harus disyukuri dan tidak bisa dibalas selain ucapan terimakasih," ujar wasit asal kabupaten Rote Ndao tersebut.

(Hendrik)

KOMENTAR