63 Sekolah SMA/ SMK se-NTT Pakai Plt, Jabatan Kepsek Bakal Dilelang Terbuka

Selasa , 23 Oktober 2018 | 08:13 | view: 4122
63 Sekolah SMA/ SMK se-NTT Pakai Plt, Jabatan Kepsek Bakal Dilelang Terbuka
Sekretaris Dinas Dikbud NTT, Alo Min (baju keki) sebagai pemateri dalam seminar pendidikan
POPULER

SEVENSPORTAINMENT - Sebanyak 63 SMA/ SMK se-NTT saat ini tidak memiliki kepala sekolah (kepsek) definitif. Karena itu, para guru potensial diminta untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon dalam lelang terbuka oleh Dinas Pendidikan NTT.

Hal ini disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan NTT, Aloysius Min kepada Sevensportainment.com di Gedung DPD RI Perwakilan NTT, Senin(21/10/2018) siang. Menurutnya, semua guru yang berpangkat III C mempunyai kesempatan untuk mendaftar.

"Jadi gini saat ini kan ada 63 sekolah yang dipimpin oleh Plt dan jabatan kepsek definitifnya akan dibuka lowongan secara terbuka. Untuk tesnya kita pakai sistem online kemudian wawancara oleh tim akademisi dan hasilnya diserahkan ke Baperjakat untuk digodok dan ditetapkan," ungkapnya.

Dikatakannya, penerapan sistem ini sejalan dengan visi misi Gubernur NTT, Victor Laiskodat yang menginginkan seorang kepala sekolah memiliki kemampuan managerial, capacity dan visi misi yang baik.

"Ini kan sebuah terobosan yang baik dari Pak Gub dan mesti dilaksanakan karena akan memberi ruang kepada guru-guru potensial. Selama ini kan diusulkan oleh UPT dan cuma 3 orang. Otomatis yang lain tidak punya peluang. Ini alasannya kenapa kita umumkan secara terbuka. Sekarang kita lagi susun juknisnya untuk ditetapkan," jelas Alo.

Kepsek SMA/ SMK yang saat ini menjabat, beber Alo, akan dievaluasi untuk diikutkan dalam proses seleksi karena belum memiliki sertifikat kepala sekolah.

(Hendrik)

KOMENTAR