Segera Persiapkan Diri, Ini Sistem SKB yang Digunakan BKN

Rabu , 14 November 2018 | 16:40 | view: 2042
Segera Persiapkan Diri, Ini Sistem SKB yang Digunakan BKN
Ilustrasi PNS

SEVENSPORTAINMENT.COM - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan sistem seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS yang akan digunakan untuk tahap selanjutnya.

Tahap SKB ini dimulai setelah tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) selesai. Pelaksanaan SKB akan dijadwalkan sekitar 22 hingga 28 November 2018. Sedangkan pengumuman akhir direncanakan sekitar minggu pertama pada Desember 2018.

Dilansir Sevensportainment.com dari Twitter resminya, BKN mengumumkan terdapat dua jenis jabatan atau formasi yang nantinya akan mempengaruhi jenis soal yang akan diujikan pada tes SKB CPNS 2018.

Jenis jabatan tersebut yaitu Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) dan Jabatan Pelaksana (JP). BKN menyebut profesi seperti guru, dokter, apoteker, dan lainnya termasuk ke dalam kategori JFT.

BKN juga menjelaskan, pada setiap jabatan di jenis JFT telah diatur dalam Permenpan RB. Bila formasi yang dilamar peserta CPNS 2018 masuk dalam kategori JFT, soal ujian SKB tak jauh dari Permenpan RB tersebut. Sementara itu, bagi peserta CPNS 2018 yang melamar Jabatan Pelaksana (JP), kamu bisa cek Permenpan RB 25/2016 tentang Nomenklatur JP.

Di dalamnya, terdapat deskripsi tugas dari JP sehingga bisa memberikan gambaran tentang jenis soal yang akan dihadapi saat tes SKB CPNS 2018 nanti.

Meski demikian, BKN memastikan untuk pelamar CPNS 2018 di Instansi Pemda di Provinsi, Kabupaten dan Kota, sistem SKB yang digunakan hanya melalui Computer Assisted Test (CAT).

Selain itu, unutk pelamar CPNS 2018 di Kementerian/Lembaga (K/L) sistem SKB yang digunakan bisa CAT BKN saja. Dan dapat pula melalui tes kesemaptaan, wawancara dan sebagainya.

Dalam pengumumannya, BKN kembali menghimbau kepada pelamar CPNS 2018 agar memperhatikan  pengumuman instansi yang dilamar.


(Hendrik)

KOMENTAR