LPMP NTT Gelar Kegiatan Pendampingan Guru Sasaran K-13 di SMAN 3 Kota Kupang

Sabtu , 17 November 2018 | 11:30 | view: 784
LPMP NTT Gelar Kegiatan Pendampingan Guru Sasaran K-13 di SMAN 3 Kota Kupang
Kasie Pengembangan LPMP, Abdulrahman dan Wakasek Kurikulum, Yusni Pohan Pose Bersama peserta dari SMAN 3 Kota Kupang
POPULER

SEVENSPORTAINMENT.COM - Dalam rangka menjawab pemenuhan kualitas pendidikan terkhususnya Guru sebagai salah satu faktor penting, LPMP NTT menggelar kegiatan pendampingan bagi guru sasaran K-13 yang bertempat di SMA Negeri 3 Kota Kupang, Sabtu (17/11/2018) pagi. Adapun peserta yang terlibat adalah SMA Teladan, SMA Timpolmas, SMA Ki Hajar Dewantoro, Kristen Generasi Unggul dan SMA El Tari.

Ketua Panitia, Laurensius Laka, S.Pd, dalam laporannya mengatakan, kegiatan pendampingan bertujuan untuk memenuhi tuntutan peningkatan kompetensi guru sebagai sumber daya manusia (SDM) pada abad 21.

Kepala SMAN 3 Kota Kupang, Dra. Selfina Dethan yang diwakili Wakasek Kurikulum, Yusni Pohan, S.Pd, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini diharapkan mampu menghasilkan suatu produk yang dapat berguna bagi kualitas pendidikan di setiap sekolah-sekolah sasaran.

"SMA 3 sebagai sekolah klaster selalu bersedia dalam menfasilitasi kegiatan-kegiatan seperti ini. Kami juga sudah siapkan sarana prasarana untuk kelancaran kegiatan hari ini. Karena itu, dalam proses nanti jikalau Bapak/Ibu guru ada temukan kelebihan maka silakan bawa pulang sebagai bekal dan jika temukan ada kekurangan mohon ditinggalkan bagi kami disini (SMA 3)," jelas Guru Matematika tersebut.

Sementara itu, Kepala LPMP NTT yang diwakili Kepala Seksi Pengembangan, Drs. Abdulrahman, dalam sambutannya saat membuka kegiatan, mengharapkan, peserta kegiatan dapat mengikuti kegiatan hingga akhir dan menghasilkan suatu perangkat yang dapat menjawab kebutuhan pendidikan disetiap sekolah.

"Iya, semoga apa yang diberikan oleh para Instruktur dapat disimak dengan baik. Intinya adalah jangan sungkan untuk belajar. Sekolah yang sudah tetapkan K-13 sejak 5 tahun lalu saja masih salah apalagi bapak/ ibu guru yang baru laksanakan tahun ini," ungkapnya.

Dikatakannya lebih lanjut, 3 tahapan penting dalam kegiatan pelatihan adalah Tahapan Observasi Dokumen (Silabus, RPP dan perangkat lainnya), Proses Pembelajaran dan Rekomendasi evaluasi Pelaksanaan/ aplikasi. Seraya menambahkan," Intinya adalah bapak/ibu mampu memunculkan prinsip 4C (Creative, Critical Thingking, Communicative dan Collaborative) dalam pembelajaran berbasis HOTS (Higher Order Thingking Skill).

Untuk diketahui, kegiatan pendampingan Guru Sasaran K-13 Klaster SMA Negeri 3 Kota Kupang diikuti oleh 100 peserta dari 5 sekolah swasta di Kota Kupang.


(Hendrik)

KOMENTAR