7 Finalis Young Scientist Dunia Bidang Teknologi, Salah Satunya Berasal dari Indonesia

Selasa , 26 Juni 2018 | 10:38 | view: 140
7 Finalis Young Scientist Dunia Bidang Teknologi, Salah Satunya Berasal dari Indonesia
Azis Boing Sitanggang (foto/Dok Humas IPB)

SEVENSPORTAINMENT.COM - Salah satu dosen di Institut Pertanian Bogor (IPB), Azis Boing Sitanggang, masuk dalam bagian tujuh finalis 'Young Scientist' dunia di bidang ilmu dan teknologi pangan. Azis sendiri mengajar di IPB untuk Ilmu dan Teknologi Pangan, di Fakultas Teknologi Pertanian.

Kejuaraan ilmuwan muda ini diselenggarakan oleh International Union of Food Science and Technology (IUFoST) dalam acara World Congress of Food Science and Technology di Mumbai, India, pada 23-27 Oktober 2018.

IUFoST merupakan organisasi ilmiah dunia untuk ilmu dan teknologi pangan. IUFoST beranggotakan lebih dari 65 negara yang melibatkan lebih dari 300 ribu ahli teknologi pangan di seluruh dunia.

Azis mengungkapkan dalam nominasi ini terdapat beberapa ketentuan, yakni usia kandidat kurang dari 35 tahun dan menunjukkan kemampuan menjadi peneliti yang unggul dalam bidang ilmu dan teknologi pangan. Kandidat juga harus menyertakan abstrak presentasi pada kongres.

"Ketujuh kandidat tersebut akan termasuk ke dalam Early Career Scientists Section dari IUFoST. Artinya tujuh orang tersebut merupakan peneliti muda yang akan memiliki peranan, kapasitas dan memberikan kontribusi terhadap perkembangan ilmu dan teknologi pangan," ujar Aziz dikutip dari rilis Humas IPB, Selasa (25/6/2018).

Nantinya, dalam menyeleksi tujuh kandidat tersebut IUFoST menggunakan jasa konsultan independen (Janet Viljoen Research Consultancy) untuk menjaga kredibilitas kompetisi ini.

Dosen yang menyelesaikan pendidikan S3 di TU Berlin, Jerman, bidang Chemical and Process Engineering itu direkomendasikan oleh Vice Chair of Codex Alimentarius Commission (CAC) 2017-2019, Profsedor Purwiyatno Hariyadi, dan Rektor IPB 1998-2002, Profesor M. Aman Wirakartakusumah. Kedua orang tersebut merupakan Academic Fellow dari IUFoST. (Rijal)

 

KOMENTAR