Raih 4 Gelar Juara Dunia Terakhir, Ternyata Ini Rahasia Sukses Marquez

Rabu , 03 Oktober 2018 | 22:16 | view: 170
Raih 4 Gelar Juara Dunia Terakhir, Ternyata Ini Rahasia Sukses Marquez
Marc Marquez (foto/net)

SEVENSPORTAINMENT - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, mendominasi MotoGP dalam beberapa tahun terakhir. Dia merupakan pembalap tersukses dalam lima tahun terakhir, dengan torehan empat gelar juara dunia MotoGP.

Gelar tersebut diraihnya pada 2013, 2014, 2016, dan 2017. Marquez juga sangat difavoritkan bakal menjuarai MotoGP 2018 karena kukuh di puncak klasemen dengan keunggulan 72 poin atas peringkat kedua. 

"Setelah tiap musim, saya menganalisis mengapa kami menyabet titel atau mengapa kami kalah. Itulah cara saya belajar banyak, terutama dari satu pembalap, yaitu Andrea Dovizioso," kata Marquez, seperti dilansir dari Speedweek, Rabu (3/10/2018). 

"Saya belajar dari dia untuk menghadapi situasi tertentu. Andrea benar-benar fokus terhadap apa yang terjadi di box. Hal itu mempermudahnya untuk menghadapi balapan selanjutnya. Andrea sukses dengan sempurna dan strategi ini juga bisa digunakan jika Anda di trek," sambung dia.

Marc Marquez pada MotoGP 2018 tampil lebih konsisten dibandingkan musim lalu. Menurut dia, pencapaian tersebut tak datang begitu saja.

"Musim ini, saya benar-benar fokus pada kecepatan saat balapan. Saya belajar dari analisis musim 2017 bahwa Anda harus memaksimalkan ban Michelin.  Saya selalu cepat saat kualifikasi, tapi balapan juga penting. Pada balapan Minggu, saya mengatur semuanya, seperti ban yang akan digunakan dan sebagainya," uraiMarc Marquez.

Marquez juga mengaku sangat terbantu dengan keberadaan tim manajer Repsol Honda, Alberto Puig.

"Puig juga dulunya pembalap. Saya juga mendiskusikan hal-hal seperti pilihan jalur balap dan taktik balapan dengan dia. Hal yang menyenangkan dari dia adalah keterusterangannya. Dia tak akan bilang Anda pria yang baik, jika kamu tidak baik. Jadi, jika saya melakukan kesalahan, dia akan bilang," urai pembalap asal Spanyol itu.

Selain detail menganalisis performa dan berdiskusi dengan Puig, Marquez juga mengaku bekerja keras mempersiapkan diri setiap pramusim. Dia akan melakukan segalanya sangat siap untuk menyambut musim baru.

"Target tiap musim adalah memenangi titel. Jika Anda tak dapat melakukan itu, dunia tak akan lenyap, tapi Anda tak berhasil mencapai target Anda. Itulah sebabnya kami bekerja sangat keras selama musim dingin dan saat pekan balapan untuk mendapatkan yang terbaik," tegas Marc Marquez.

 
(Hendrik)

KOMENTAR